Meriahnya Peringatan Maulid Nabi Muhammad Di PONPES Kyai Gerentam

MC Ustad H. Imam Haromain, S.H.I (putra pimpinan Ponpes)

Semende – Bertempat di Pondok Pesantren Al-Haromain Desa Pulau panggung Kecamatan Semendo Kabupaten Muara Enim, Sumsel dengan Pimpinan KH. M. Dainawi (Kyai Gerentam Bumi) Sekaligus Mustasyar PCNU Kab. Muara Enim/ Ketua MUI kab. Muara Enim berlangsung Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang telah berlangsung setiap tahunnya. Peringatan Maulid Nabi kali ini (19 Desember 2019) juga bertepatan dengan silaturahmi Para Alumni Ponpes Al- Haromain (IKBAL MAROM).

KH. M Dainawi (Gerentam Bumi)

Peringatan Maulid Nabi Di Ponpes Al-Haromain kali ini cukup istimewa dengan kehadiran teman karib Pimpinan Ponpes yaitu: Al-Ustadz Al-Habib Husen Bin Alwi Bin Aqil dan keluarga dari Probolinggo Jatim Serta As-Sayyid Sa’ad Bin Syahab dan As-Sayyid Sahel Al-Kaff dari Palembang. Dalam Tausiahnya Al-Ustadz Al-Habib Husen Bin Alwi Bin Aqil mengatakan: “Keistimewaan dan kedudukan Baginda Rasulullah tak terbandingkan dan tak tertandingkan. Kepedulian dan perhatian Rasulullah untuk ummat juga tak terbayangkan dan tak terbataskan, tak pantas dan tak cukup amal untuk menghantarkan kembali ke tempat asal manusia, ke sorga, kecuali cinta dan mengikuti Baginda Rasulullah, karena rahmat dan syafa’at Beliau-lah seluruh alam memperoleh rahmat dan ummat mendapat ampunan Allah -Subhanahu Wa Ta’ala-” .

Turut hadir memeriahkan Maulid Nabi diantaranya Perwakilan Gubernur Sumatera Selatan, Perwakilan Plt Bupati Kab. Muara Enim, perwakilan Kakamenag Kab. Muara Enim, Kabag Kesra Kab. Muara Enim, perwakilan Kapolres Muara Enim, Kapolsek Semende, Perwakilan Dandim 0404, Koramil Semende, Camat SDL dan Camat Belimbing, Para Kades Semende, Para Ulama, Pimpinan Pesantren dan Majlis Ta’lim, Para Mahasiswa dan Mahasiswi UIN Raden Fatah, Raden Intan dan IAIN Curup Bengkulu, Pengurus Cabang NU Kab. Muara Enim, IKBAL MAROM dari berbagai cabang, Para ibu-bapak anggota pengajian, Para wali santri dari berbagai daerah, masyarakat dari Semende, Lahat, Pagar Alam, Tanjung Enim, Muara Enim, Prabumulih, Bengkulu, Lampung, Jambi, Pengurus AWI Tour Travel Umrah Haji dan Pengurus PT Salman Tanjung Raye.

makan dengan Talam

Peringatan tahunan Maulid Nabi maupun Isro Mi’raj di Ponpes Al-Haromain selalu ditunggu oleh Masyarakat Semendo pada khususnya maupun masyarakat di Muara Enim dan Wilayah Sumatera Selatan, karena selain untuk menambah ibadah dan kecintaaan kepada Baginda Nabi Muhammad adanya Pemotongan Kerbau untuk menjamu para tamu dengan bumbu khas masakan semendo turut melengkapi kemeriahan peringatan Maulid Nabi tersebut apalagi dinikmati bersama-sama dengan Piring Besar (Talam).

alumnus 2018-2019

Acara Peringatan Maulid Nabi ini juga menjadi ajang silaturahmi para wali murid dengan putra-putri mereka yang sedang menuntut ilmu di Ponpes Al-Haromain. Dalam acara tersebut para orang tua dengan bangga dapat menyaksikan para putra-putrinya mengisi ceramah, hadroh dan keterampilan santri-santriwati lainnya. Pada Maulid Nabi ini juga diserahkan ijazah secara resmi kepada alumnus 2018-2019.(GA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *