Bukan Hanya Segar dan Enak, Inilah 7 Jenis Teh yang Baik Untuk Kesehatan

pixabay.com

Dikutip dari mims.com Teh sudah banyak dikonsumsi bahkan sejak zaman dahulu kala. Ada berbagai macam teh asli, mulai dari teh hijau, teh hitam, teh kuning, teh oolong dan lainnya, yang berasal dari tanaman yang sama, Camellia sinensis. Yang membedakan adalah warna dan rasa uniknya yang berasal dari metode pemrosesan berbeda setelah dipanen. Ada juga teh herbal, yang dibuat dari campuran daun-daunan, rempah, buah dan bahan tanaman lain dalam air panas.

Penelitian menemukan bahwa beberapa teh bisa membantu melawan kanker, penyakit jantung dan diabetes, membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesadaran mental. Selain itu, teh juga memiliki efek antimikroba.

Bahkan pembicara Asosiasi Nutrisi Amerika, Katherine Tallmadge. Mengatakan teh merupakan alternatif yang lebih baik daripada kopi. Banyak pula diketahui bahwa senyawa dalam kandungan teh yaitu flavonoid  adalah senyawa yang baik bagi jantung dan bisa menurunkan angka kejadian kanker

1. Teh hijau

pixabay.com

Tidak perlu ditanya lagi akan manfaat dari teh hijau. Setiap penelitian mengenai teh hijau dan manfaat antioksidannya menunjukkan teh hijau memiliki berbagai macam efek mulai dari menurunkan nodus firbosistik untuk menurunkan berat badan hingga masalah pencernaan.
“Teh hijau kaya akan polifenol seperti flavonoid dan katekin, yang berfungsi sebagai antioksidan kuat,” kata Kris Gunnars, seorang peneliti nutrisi. “Salah satu senyawa sangat kuat dalam teh hijau adalah antoksidan Epigallocatechin Gallate (EGCG), yang telah diteliti dan terbukti bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menjadi salah satu alasan teh hijau bisa disebut sebagai obat penyembuh.”

2. Teh chamomile

Bunga dari tanaman chamomile, ketika direndam dalam air, bisa menjadi teh chamomile yang bisa membantu tidur menjadi lebih panjang dan nyenyak. Efek antioksidannya bisa membantu mencegah komplikasi dari diabetes, seperti kehilangan fungsi penglihatan dan kerusakan saraf dan ginjal. Teh chamomile juga isa mencegah perkembangan sel kanker

3. Teh passionflower

Passionflower merupakan tanaman, yang setiap bagiannya yang tumbuh di atas tanah bisa digunakan dalam berbagai hal, termasuk dalam teh. Senyawa kimianya bisa memberi efek menenangkan, menciptakan suasana nyaman saat tidur dan memberikan efek pereda spasme otot, yang baik untuk menyembuhkan insomnia, menyembuhkan gejala akibat berhenti menggunakan obat narkotika dan gangguan rasa gelisah (generalised anxiety disorder/GAD).

4. Teh jahe

Teh dengan rasa tajam ini dibuat dari potongan jahe. Selain meningkatkan sistem imun, teh jahe juga membantu sistem pencernaan dan mengontrol masalah seperti mual. Selain itu, sifat anti-inflamasinya diketahui berguna untuk pasien penderita artritis.

5. Teh tulsi (kemangi)

Tulsi merupakan sebutan Sansekerta dari tanaman kemangi suci dan merupakan bagian dari golongan tanaman mint. Tulsi memiliki efek adaptogen, pereda stres alami dan bisa mempromosikan keseimbangan mental. Tulsi banyak digunakan secara tradisional untuk mengatasi demam, hidung tersumbat, gangguan perut dan mempercepat penyembuhan penyakit dan kekuatan.

Dr Josh Axe, seorang dokter ahli obat alami dan ahli nutrisi klinis mengatakan, “teh tulsi mendorong metabolisme dan membantu menurunkan berat badan; kaya akan antioksidan dan membantu mencegah efek penuaan serta kanker. Teh tulsi juga dapat digunakan untuk menjaga keseimbangan sistem tubuh kita dan memperkuat imunitas tubuh; meningkatkan kekebalan tubuh akan stres dan sindrom kelelahan kronik; serta bisa bekerja sebagai obat alami kegelisahan.”

pixabay.com

6. Teh serai

Teh serai berasal dari tanaman serai, yang memiliki efek analgesik, anti-inflamasi, antiseptik, antibakteri dan anti-fungi. Karena komponen yang terkandung dalam serai, disebut citral, makanan bisa dengan mudah dicerna, sehingga bisa mempromosikan kesehatan pencernaan dan memberikan efek detoksifikasi.

7. Teh lavender

Bunga lavender merupakan bunga penyembuh dan ketika dikonsumsi dalam bentuk teh, teh ini bisa membuat tubuh rileks dan membuat tidur menjadi nyenyak. Teh ini juga terkenal bisa menyembuhkan gejala depresi ringan. Selain itu, teh lavender bisa membantu mengatasi masalah pernapasan, batuk, asma, bronkitis dan juga mengatur suhu tubuh dan bisa digunakan untuk menyembuhkan demam.

Nah, dari berbagai jenis teh diatas, adakah termasuk jenis teh kesukaan kamu? (Sib)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons